Harga emas 18 karat hari ini Jumat, 23 Juni 2017

Harga emas 18 karat hari ini – Emas 18 Karat Digemari di Indonesia Indonesia memiliki konsumen emas yang sangat banyak. Produsen emas pun melakukan berbagai macam strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen emas di Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memproduksi perhiasan emas dengan berbagai macam kadar.

Berikut ini adalah Harga emas 18 karat hari ini Jumat, 23 Juni 2017
EmasJualBeli
18 Karat 458,150 377,300

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kadar emas 18 karat dan harga emas 18 karat, ada baiknya kita mengetahui macam-macam emas yang beredar di Indonesia. Karat adalah satuan untuk mengukur kadar emas yang dipakai di negeri ini. Mulai dari yang terbesar adalah 24 karat, 22 karat, 21 karat, 20 karat, 18 karat, dan yang terkecil adalah 9 karat. Kemudian ada juga pengukuran dengan prosentase. Misalnya saja emas 22 karat sama dengan emas 91,6%; emas 20 karat sama dengan 83,3%; emas 18 karat sama dengan emas 75%; emas 16 karat sama dengan emas 66,7%; dan emas 14 karat sama dengan 58,3%. Harga emas pun bervariasi tergantung dari kadar yang dimiliki emas. Emas 75% atau emas 18 karat adalah jenis emas yang paling populer di Indonesia.

Harga Emas 18 Karat Per Gram

Harga emas 18 karat dapat dibilang terjangkau bagi kalangan masyarakat yang ingin memiliki perhiasan emas dengan budget minim. Emas 18 karat menawarkan kualitas emas yang apik dengan harga yang tidak terlalu mahal seperti emas 24 karat atau emas 22 karat. Harga emas 18 karat juga fluktuatif tergantung dari harga emas kadar 24 karat. Dengan kadar 75% maka harga emas 18 karat biasanya dihitung kasar dengan mengalikan 75% dan harga emas 24. Namun tidak ada patokan resmi mengenai harga emas 28 karat. Setiap toko umumnya memiliki penghitungan tersendiri sehingga terdapat selisih harga antara toko satu dengan lainnya.

Popularitas emas 18 karat di indonesia memang cukup menjanjikan, begitu banyak para peminat yang ingin memburu emas 18 karat. Namun kebanyakan dari para pembeli mereka membeli emas 18 karat berupa emas perhiasan. Hal ini disebabkan memang tidak ada emas 18 karat yang berbentuk emas batangan.

Emas 18 karat atau emas 75% yang berwujud perhiasan memang emas yang telah dicampuri berbagai zat lain agar mudah dibentuk. Pada kenyataannya, tidak ada logam yang mengandung 100% emas murni. Sifat emas yang cair membuatnya harus dicampur dengan logam lain agar dapat dibentuk. Kadar emas tertinggi pada suatu logam di seluruh dunia adalah 99,99% kandungan emas.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai emas 75%, perlu kita pahami macam-macam kandungan emas pada logam-logam yang dijual di pasar Indonesia dan dunia. Kadar emas menurut karat dan persentasenya yang beredar di pasar adalah:

  • 24 karat sama dengan 99,99% kandungan emas (ada pula emas lokal yang mengandung 99,7% kadar emas)
  • 22 karat sama dengan 91,6% kandungan emas (biasanya dicampur 8,3% logam lain yaitu perak. Emas 22 karat atau sering disebut emas 916 umumnya berbentuk perhiasan)
  • 21 karat sama dengan 87,5% kandungan emas (dicampur dengan 12% logam lainnya)
  • 20 karat sama dengan 83,3% kandungan emas (dicampur dengan 16% logam lainnya)
  • 18 karat sama dengan 75% kandungan emas (dicampur dengan 24% logam lainnya)
  • 14 karat sama dengan 58,5% kandungan emas (dicampur dengan 40% logam lainnya)
  • 10 karat sama dengan 41,7% kandungan emas (dicampur dengan 58% logam lainnya)
  • 9 karat sama dengan 37,5% kandungan emas (dicampur dengan 60% logam lainnya)

Dengan demikian perhiasan dengan kandungan emas 18 karat sudah termasuk tinggi. Di pasar sendiri harga emas 18 karat termasuk mahal. Misalnya jika emas 24 karat harganya 500 ribu rupiah, maka harga emas 18 karat bisa mencapai kisaran 400 ribu rupiah. Emas 18 karat yang dijual di pasar berupa perhiasan. Perhiasan emas tersebut bisa berupa emas kuning dan emas putih. Meski berwarna kuning, bukan berarti kandungan emas yang ada lebih tinggi dari emas putih. Yang membuat warna perhiasan tersebut berbeda adalah kandungannya. Pada emas kuning campuran logam yang dipakai adalah tembaga. Tembaga inilah yang memperkuat warna kuning emas sehingga tampak lebih berkilau. Sementara itu pada emas putih campuran logam yang digunakan akan perak dan paladium. Meski campurannya hanya 25% saja tetapi bisa memberi warna putih pada perhiasan emas. Untuk menambah kilau putih yang cemerlang perhiasan emas putih dilapisi dengan logam Rodium. Logam Rodium ini tidak dapat bertahan lama. Harus dipoles lagi secara berkala untuk dapat mempertahankan kilau emas.

Dalam membeli emas ada hal yang harus diperhatikan. Yakni harga emas yang tidak stabil. Harga emas 18 karat juga dapat berubah-ubah mengikuti harga emas dunia. Jika harga emas dunia naik, maka secara otomatis harga emas 18 karat yang ada di pasaran akan ikut naik juga. Bagi anda yang ingin berinvestasi, membeli emas 18 karat tidak disarankan karena harga jualnya akan jatuh jauh di bawah harga belinya. Emas 18 karat sebenarnya lebih berfungsi untuk alat konsumsi, yakni dipakai oleh pembelinya bukan disimpan. Karena bisa saja harga emas 18 karat tidak semakin naik tapi justru semakin turun karena penyusutan nilai pakainya. Harga emas kadar 75 hari ini

Emas memang begitu banyak macam dan bentuknya, tidak hanya satu namun ada beberapa. Ketika seseorang ingin berinvestasi pada emas Perlu bagi calon pembeli untuk memahami seluk-beluk harga emas sehingga investasi yang akan dijalankan bisa menguntungkan.