Harga Emas 23 Karat Hari ini Selasa, 30 Mei 2017

Harga Emas 23 Karat Hari ini – HEMAS 23 KARAT, EMAS YANG HAMPIR MURNI KADARNYA Bagi masyarakat umum maupun pelaku di industri emas dan perhiasan, istilah ”karat” begitu sering kita dengar. Berbagai macam karat mulai dari 16 karat hingga 24 karat sangat akrab di telinga kita. Pada artikel ini kita akan membahas emas 23 karat. Namun sebelum kita melangkah lebih jauh, kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan istilah ”karat” tersebut.

Berikut ini adalah Harga Emas 23 Karat Hari ini Selasa, 30 Mei 2017
EmasJualBeli
23 Karat 566,208 485,958

Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas dapat diukur berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam atau perhiasan. Sebagai contoh, di negara Amerika Serikat, standar karat yang digunakan dalam perhiasan adalah sebagai berikut:

Harga Emas 23 Karat Per Gram Hari Ini Dalam Rupiah

  • 18 karat = 18/24* bagian atau 75% dari emas murni. Terdapat cap atau stempel .750 pada bagian perhiasan. (*jumlah karat emas murni)
  • 14 karat = 14/24 bagian atau 58,5% dari emas murni. Terdapat cap atau stempel .585 pada bagian perhiasan.
  • 10 karat = 10/24 bagian atau 41,67% dari emas murni. Terdapat cap atau stempel .417 pada bagian perhiasan.

Lain di Amerika Serikat, lain pula Indonesia. Jika di AS umumnya perhiasan emas yang dijual mengandung tiga jenis karat emas di atas, maka emas dan perhiasan emas yang beredar di Indonesia jauh lebih beragam. Menurut karat dan kadar presentasenya, emas yang beredar di Indonesia yaitu:

  • 24 karat sama dengan 99,99% kandungan emas (ada pula emas lokal yang mengandung 99,7% kadar emas)
  • 23 karat sama dengan 95.8% kandungan emas, dicampur dengan 4.2% logam lainnya
  • 22 karat sama dengan 91,6% kandungan emas (biasanya dicampur 8,3% logam lain yaitu perak. Emas 22 karat atau sering disebut emas 916 umumnya berbentuk perhiasan)
  • 21 karat sama dengan 87,5% kandungan emas (dicampur dengan 12% logam lainnya)
  • 20 karat sama dengan 83,3% kandungan emas (dicampur dengan 16% logam lainnya)
  • 18 karat sama dengan 75% kandungan emas (dicampur dengan 24% logam lainnya)
  • 14 karat sama dengan 58,5% kandungan emas (dicampur dengan 40% logam lainnya)
  • 10 karat sama dengan 41,7% kandungan emas (dicampur dengan 58% logam lainnya)
  • 9 karat sama dengan 37,5% kandungan emas (dicampur dengan 60% logam lainnya)

Semua emas di atas dipasarkan dalam bentuk perhiasan emas kecuali untuk emas 24 karat. Mengapa emas 24 karat tidak dapat dibentuk menjadi perhiasan? Emas dikenal sebagai logam mulia yang bersifat unik. Warna emas yang berkilau membuatnya lebih disukai dibandingkan dengan logam yang lain. Oleh karena itu sejak zama dahulu emas sangat bernilai dan digunakan sebagai alat pertukaran sebelum ditemukannya uang. Karena sifat yang unik inilah logam mulia emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi maka akan semakin lunak pula logamnya. Pada emas 24 karat yang kandungan emasnya mencapai 99,99% memiliki tekstur yang lunak bahkan cenderung cair. Hal ini mengacu pada keunikan yang dimiliki emas, dimana semakin tinggi kadar emasnya maka semakin lunak pula logamnya. Sifat logam mulia emas yang terlalu lunak ini menyebabkan pengrajin dan produsen perhiasan emas kesulitan untuk mempertahankan durabilitas perhiasan emas ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu emas harus dicampur dengan logam lain seperti perak, tembaga, platinum, dan lain sebagainya sehingga menghasilkan emas yang lebih tahan lama untuk digunakan pemakainya.

lihat juga Harga Emas Jogja hari ini

Kadar emas tertinggi yang digunakan untuk membuat perhiasan adalah emas 23 karat. Harga emas 23 karat sendiri tentu tidak jauh berbeda dengan harga emas murni karena kandungan emasnya mencapai 93%. Perhiasan yang mengandung logam mulia emas di atas 18 karat warnanya adalah kuning. Karena kandungan emas lebih banyak dari kandungan logam lain sehingga tidak mampu memudarkan warnanya. Perhiasan emas 22 karat dan 23 karat termasuk ke dalam perhiasan yang mewah karena memiliki kilau kuning yang berbeda dari perhiasan dengan kadar di bawahnya. Harga emas 23 karat yang mahal membuat tidak semua pengrajin dan produsen emas bisa membuat perhiasan dengan kadar yang demikian tinggi. Perhiasan dengan kadar ini biasanya banyak disebut dengan emas arab atau emas Dubai, karena diimpor dari Timur Tengah.

Perhiasan emas 23 karat juga memiliki tampilan yang mewah karena dibuat dengan tangan dan tidak menggunakan mesin sama sekali. Pehiasan emas 23 karat juga tidak dihiasi dengan batu-batu mulia lain, tetapi diberi pewarnaan pada beberapa bagian untuk mempercantik modelnya. Meskipun kadar emas 23 karat mendekati murni, namun jangan bayangkan jika perhiasan jenis ini lunak seperti emas murni. Perhiasan emas 23 karat lebih kaku dari emas murni, tetapi tidak sekuat perhiasan yang dicampur dengan tembaga. Warna kuning yang dihasilkan pun berbeda. Pada perhiasan emas 23 karat warna kuning yang dipancarkan adalah kuning cerah dan berkilau, sementara pada perhiasan dengan kadar 18 karat, misalnya, warna kuning yang dipancarkan adalah kuning bersemu kemerahan, akibat campuran dari logam tembaga yang digunakan saat memproduksi perhiasan tersebut.

Popularitas emas memang tidak pernah surut dan akan sulit untuk digantikan dengan logam yang lain. Emas memiliki berbagai fungsi dan telah dimanfaat bertahun-tahun sebelum Masehi. Emas, bersama dengan perak dan tembaga dianggap sebagai logam mulia yang bernilai. Oleh karena itu ketiga logam tersebut sempat digunakan sebagai alat pertukaran sebelum ditemukannya uang di zama modern seperti ini.