Home » Harga Emas » Harga Emas London hari ini

Harga Emas London hari ini Sabtu, 19 Agustus 2017

Harga Emas London: Harga Stabil Menjadi Pilihan Investasi Emas batangan merupakan salah satu jenis emas. Emas batangan juga mempunyai banyak jenis di antaranya adalah emas London. Emas london adalah emas berbentuk batangan bukan berupa perhiasan. Emas london menjadi pilihan investasi banyak orang. Harga emas london yang stabil dan memiliki kecenderungan terus naik tiap tahunnya membuat emas ini dinilai menguntungkan bagi mereka yang gemar berinvestasi.

Berikut ini adalah Harga Emas London hari ini Sabtu, 19 Agustus 2017
Aug 18, 2017 AM PM
USD 1295.25 1295.80
GBP 1004.34 1005.93
EUR 1102.65 1102.60
Aug 17, 2017 AM PM
USD 1285.90 1285.15
GBP 998.12 996.76
EUR 1096.74 1095.08
Last update : Sabtu, 19 Agustus 2017

Karena harga emas london stabil, emas ini menjadi salah satu jenis emas yang banyak dicari oleh para investor. Warga Medan khususnya sangat menyukai emas jenis ini. Harga emas london bergantung pada keadaan ekonomi dalam negeri. Pada tahun 2016 harga emas london mencapai puncak tertinggi jika dibandingkan dengan harga pada tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi Ekonomi Lokal Pengaruhi Harga Emas London

Pada akhir tahun 2015 pemerintah Indonesia memutuskan untuk menurunkan harga BBM. Penurunan harga BBM disambut baik oleh masyarakat, dilihat dari meningkatnya daya beli masyarakat. Kondisi ekonomi dalam negeri yang membaik melejitkan harga emas london pada tahun ini. Daya beli terhadap emas london pun ikut meningkat. Karena emas london adalah emas yang berbentuk batangan, maka para peminat emas london adalah para investor yang ingin mengamankan harta dalam wujud emas.

harga emas london hari ini di pasaran

Emas london adalah salah satu dari beberapa jenis emas batangan yang umum dijual di Indonesia. Beberapa jenis emas batangan yang umum dijual di toko-toko emas di Indonesia adalah:

  • Emas antam atau emas LM (Logam Mulia): Emas ini bersertifikat dari PT Aneka Tambang. Harga emas batangan Antam / LM ini lebih mahal dari emas batangan lainnya karena bersertifikat resmi negara. Emas jenis ini juga terdapat cap LM pada batangnya, dan tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.
  • Emas London: Emas batangan dari luar negeri. Pecahan umumnya adalah 1 kilogram per batang. Ciri khas emas london adalah terdapat cap perusahaan produsen pada batangnya. Harga emas london lebih rendah dari emas Antam.
  • Emas lokal: Adalah emas batangan yang tidak terdapat cap perusahaan ataupun sertifikat, dan biasanya bentuknya lonjong sedikit penyok. Emas lokal tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.

Popularitas emas london sendiri tidak terlalu tinggi di Indonesia. Emas Antam tetap menjadi emas yang paling diminati. Selain tidak bersertifikat resmi, harga emas London sedikit lebih rendah dibanding emas Antam. Emas Antam menjadi pilihan utama investor karena harga jual yang tinggi serta bersertifikat resmi dari negara, sehingga harganya cenderung stabil dan tertinggi di pasaran. Harga Emas Antam hari ini

Emas london memiliki banyak peminat di wilayah Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh.

Berbagai Faktor Pengaruhi Harga Emas London

Sebagai logam mulia, harga emas london juga fluktuatif seperti emas-emas yang lain. Naik turunnya harga emas london ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantara faktor-faktor yang menyebabkan harga emas london adalah:

  1. Perubahan kurs Dolar AS

Dolar AS dan harga emas berkorelasi negatif. Naiknya kurs Dolar akan menekan harga emas, sebaliknya semakin melemahnya kurs Dolar AS mampu mendorong kenaikan harga emas dunia. Jatuhnya nilai tukar Dolar AS membuat harga emas semakin murah sehingga meningkatkan permintaan emas di pasar, terutama pada sektor industri perhiasan. Naiknya permintaan pasar inilah yang menyebabkan naiknya harga emas. Kasus yang terjadi pada dua minggu terakhir membuktikan pengaruh kurs Dolar AS terhadap harga emas harian. Suku bunga Dolar AS yang semakin menguat menekan harga emas dunia.

  1. Situasi Politik

Fluktuasi harga emas pada dua minggu pertama bulan November tahun 2016 dipengaruhi oleh situasi perpolitikan dunia, khususnya pasca terpilihnya Donal Trump sebagai presiden baru AS. Kemenangan yang tak terduga ini seketika membuat nilai tukar Dolar AS terhadap rupiah melemah. Harga tertinggi emas setelah pemilihan presiden AS mencapai Rp 595.000,- per gram. Beberapa hari setelah pilpres, suku bunga AS kembali

  1. Situasi Ekonomi

Emas sudah lama menjadi pilihan investasi aman di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. Inflasi tinggi di tengah krisis ekonomi menjadikan emas alat perlindungan nilai terhadap inflasi. Kasus yang terjadi pada tahun 1980-an, inflasi di AS naik dari 4 persen menjadi 14 persen. Saat itu harga emas naik tiga kali lipat. Namun pada perkembangannya, emas tidak lagi menjadi alat lindung investasi yang efektif. Di Indonesia, misalnya, tingkat inflasi tidak dipengaruhi nilai emas. Harga emas lebih banyak dipengaruhi oleh kurs rupiah terhadap dollar.

Pertumbuhan ekonomi juga turut mempengaruhi harga emas. Pada negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi, biasanya permintaan emas akan meningkat seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat. Emas tidak hanya menjadi kebutuhan untuk berinvestasi tetapi juga menjadi kebutuhan tersier. Permintaan pasar yang meningkat akan membuat harga emas melonjak.

  1. Suku Bunga

Harga emas yang terus berubah setiap hari juga dipengaruhi oleh nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. Harga emas hari ini berbeda dengan harga emas kemarin dan besok. Ketika tingkat suku bunga sedang naik, deposito menjadi pilihan yang lebih menarik daripada emas. Dengan demikian, naiknya suku bunga akan menekan harga emas. Sebaliknya, harga emas naik jika suku bunga menurun.

  1. Permintaan Pasar

Faktor lain yang turut mempengaruhi harga emas harian adalah kebutuhan emas di masyarakat yang cenderung musiman. Harga emas akan meningkat menjelang hari raya seperti Idul Fitri dan Natal. Demikian pula saat Tahun Baru Cina, dimana permintaan emas sedang meningkat. Sementara itu di Arab harga emas menurun pada bulan Ramadhan.

  1. Kenaikan Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia juga berpengaruh terhadap harga emas. Jika harga minyak dunia naik secara signifikan, harga emas akan ikut naik. Dampaknya memang tidak terjadi seketika seperti pada bahan makanan dan kebutuhan pokok. Secara perlahan tapi pasti harga emas akan naik seiring dengan melonjaknya harga minyak. Seperti yang terjadi ketika Amerika menyerang Irak yang merupakan negara penghasil minyak, harga minyak melonjak tajam yang diikuti kenaikan harga emas.

Pada dasarnya, berinvestasi emas apapun jenisnya adalah sama. Perlu bagi calon pembeli untuk memahami seluk-beluk harga emas sehingga investasi yang akan dijalankan bisa menguntungkan.