Home » Harga Emas » Harga Emas 24 Karat hari ini

Harga Emas 24 Karat hari ini Jumat, 17 November 2017

Mahalnya Harga Emas 24 Karat: Apa Keunggulannya Dibanding Emas Lain? Emas 24 karat dikenal sebagai emas yang paling murni. Emas dengan kadar tertinggi ini berbentuk batangan, lempengan, atau koin. Emas 24 karat banyak dipilih sebagai alat investasi karena dinilai ”aman” dibanding alat investasi lainnya.

Berikut ini adalah Harga Emas 24 Karat hari ini Jumat, 17 November 2017
EmasJualBeli
24 Karat 617,650 533,425

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk mengenal logam mulia ini terlebih dahulu. Dikutip dari Wikipedia, emas adalah unsur kimia yang digambarkan dengan simbol Au (dalam bahasa latin Aurum) dalam tabel periodik dan memiliki nomor atom 79. Emas dideskripsikan sebagai logam transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, lunak, dan dapat dibentuk. Logam ini banyak ditemukan dalam bentuk serbuk di bebatuan. Emas dapat melebur dalam bentuk cair pada suhu kurang lebih 1000 derajat celcius.

harga emas 24 karat hari ini dalam rupiah

Karena bentuknya yang lunak dan mudah dibentuk, emas banyak digunakan sebagai perhiasan dan koin. Di banyak negara, emas 24 karat digunakan sebagai standar keuangan. Di Indonesia sendiri emas pernah menjadi jaminan mata uang yang dipakai oleh Bank Indonesia. Harga Emas hari ini

Karat dikenal sebagai ukuran kemurnian emas di Indonesia. Karat adalah ukuran ”kadar” emas. Sehingga emas dengan kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Oleh karena itu harga emas 24 karat merupakan yang tertinggi. Emas 24 karat berkomposisi 99,99% emas; emas 22 karat mengandung 91,7% emas dan 8,3% campuran bahan lain seperti perak; emas 20 karat berkomposisi 83,3% emas; emas 18 karat mengandung 75% emas; emas 16 karat berkomposisi 66.6% emas; emas 14 karat mengandung 58,5% emas; dan emas 9 karat mengandung 37,5% emas.

Melihat data di atas, emas 24 karat mengandung kadar tertinggi. Maka tidak heran jika harga emas 24 karat adalah yang tertinggi dibanding emas yang kadarnya lebih rendah. Karena nilai dan harga emas 24 karat yang sangat tinggi, logam mulia ini menjadi pilihan investasi yang menarik.

Di Indonesia, perusahaan resmi pencetak emas dan transaksi jual beli emas adalah PT Aneka Tambang (ANTAM). Emas 24 karat biasanya memiliki cap dan sertifikat kemurnian dari PT Antam. Dengan membeli emas resmi dari perusahaan negara, nilai harga jual beli emas lebih terjamin, karena mengikuti standar yang berlaku.

Sementara itu secara internasional emas produksi Afrika Selatan, Swiss, Rusia, Cina, dan Australia dikenal memiliki kualitas yang bagus dan tersertifikasi secara internasional. Negara-negara tersebut telah memiliki reputasi positif selama puluhan tahun dengan kadar kemurnian emas yang nyaris 100%. Tidak heran produk-produk emas dari negara tersebut di atas dikenal bergengsi.

Namun perlu diketahui standar harga emas di setiap negara berbeda. Jadi ketika kita membeli emas dari luar negeri dengan harga mahal, ketika kita menjualnya kembali di Indonesia maka standar harga yang digunakan adalah standar harga Indonesia yang biasanya lebih rendah dari standar harga emas di luar negeri.

UPDATE Harga Emas 24 Karat Hari Ini Dalam Rupiah

Harga emas 24 karat yang sangat tinggi membuat emas menjadi pilihan investasi. Terdapat beberapa alternatif pilihan untuk investasi antara lain emas koin, emas batangan, dan emas perhiasan. Di antara ketiga alternatif tersebut, emas perhiasan adalah yang paling sedikit diminati. Meski kadar kemurniannya berkisar antara 18-24 karat dan bernilai tinggi, kekurangannya adalah pada harga jual yang cenderung menurun. Pembuatan emas perhiasan menghabiskan biaya yang mahal dan kualitas kadarnya akan menurun jika sering dipakai.

Sementara itu emas koin, emas dinar, dan emas batangan tidak memerlukan banyak biaya dalam proses pembuatannya. Bentuknya yang sederhana mampu menghemat biaya produksi. Emas dalam bentuk batangan dan koin tersedia dalam berbagai macam kadar emas mulai dari 22 karat (95%) sampai 24 karat (99%). Untuk investasi lebih disarankan emas 24 karat karena harganya lebih tinggi.

Pada emas perhiasan, dalam penjualannya biaya produksi perhiasan akan diikutsertakan. Tetapi pada saat akan dijual kembali, hanya kadar emasnya saja yang dihitung. Inilah yang menyebabkan harga jual emas perhiasaan jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya. Emas koin dan emas batangan, lantaran bentuknya yang sederhana tidak memerlukan biaya produksi yang mahal. Karena itulah harga emas 24 karat tidak anjlok saat dijual. Tidak seperti emas perhiasaan yang bisa dipakai, emas koin dan emas batangan memang murni berfungsi sebagai simpanan harta atau investasi.

Sebagai emas yang memiliki kadar tertinggi, harga emas 24 karat memang jauh lebih tinggi dari emas putih dan emas kuning lain dengan kadar lebih rendah. Emas 24 karat memiliki biaya produksi yang sangat minim dan harga jual yang tinggi.

Nilai Tukar Rupiah Pengaruhi Harga Emas 24 Karat

Sebagai logam mulia, emas 24 karat juga mengalami fluktuasi harga harian. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal. Kasus yang terjadi baru-baru ini pada bulan November 2016, naik turunnya harga emas dipicu oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar yang tidak menentu. Jika ditarik ke belakang, tidak stabilnya suku bunga dolar AS dipengaruhi oleh situasi perpolitikan di negara tersebut.

Harga emas 24 karat sempat menguat sehari setelah pengumuman pemilihan presiden AS. Terpilihnya Donald Trump secara mengejutkan membuat The Fed menurunkan tingkat suku bunga. Penurunan suku bunga AS berdampak langsung pada menurunnya nilai tukar Dolar terhadap rupiah. Melemahnya dolar AS menguatkan harga emas 24 karat.

Beberapa hari setelah pilpres AS, warga AS rupanya mulai optimis akan adanya angin segar yang dibawa oleh presiden baru mereka. Optimisme pertumbuhan ekonomi yang positif menaikkan tingkat suku bunga AS sehingga menekan harga emas 24 karat.