Home » Harga Emas » Harga Emas Antam hari ini

Harga Emas Antam hari ini Selasa, 17 Oktober 2017

Harga Emas Antam Jadi Patokan Harga Pasar Sebelum membeli emas, baik itu untuk investasi maupun untuk pemakaian sendiri, ada baiknya memahami seluk beluk naik turunnya harga emas di pasaran. Harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya suku bunga Dolar AS, situasi ekonomi, situasi politik, hingga harga minyak dunia. Di Indonesia sendiri, yang menjadi patokan harga emas di pasar adalah harga emas antam.

Harga Emas Antam per gram di Seluruh Cabang

CabangPrice per Bar (Rp)Price per Gram (Rp)
Bandungmemuat harga emas...memuat harga emas...
Jakarta Pulogadungmemuat harga emas...memuat harga emas...
Semarangmemuat harga emas...memuat harga emas...
Denpasarmemuat harga emas...memuat harga emas...
Surabaya Citomemuat harga emas...memuat harga emas...
Yogyakartamemuat harga emas...memuat harga emas...
Jakarta Sarinahmemuat harga emas...memuat harga emas...
Jakarta Gedung Antammemuat harga emas...memuat harga emas...
Makassarmemuat harga emas...memuat harga emas...
Palembangmemuat harga emas...memuat harga emas...
Balikpapanmemuat harga emas...memuat harga emas...
Banjarmasinmemuat harga emas...memuat harga emas...
Medanmemuat harga emas...memuat harga emas...
Surabaya Kebon Rojomemuat harga emas...memuat harga emas...
Jakarta Mall Ambasadormemuat harga emas...memuat harga emas...
lantakanemas.com bertujuan untuk memberi informasi mengenai harga emas antam dan investasi. Share yuk!

Emas antam adalah emas yang diproduksi oleh BUMN bernama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan. Emas yang dihasilkan oleh PT Antam berbentuk batangan dengan berbagai berat mulai dari 1 gram sampai 1 kilogram. Produk dari PT Antam bukan hanya emas saja tapi juga nikel dan batu bara. Sebagai perusahaan BUMN terbesar yang memproduksi emas, harga emas antam menjadi patokan harga-harga emas lainnya di pasar.

Harga Emas Antam terbaru

Mengapa harga emas Antam menjadi yang tertinggi?

Bagi anda yang ingin menginvestasikan harta dalam bentuk emas, ada baiknya anda mengenal jenis-jenis emas batangan yang dijual dan beredar di pasar Indonesia. Beberapa jenis emas yang umum dijual di pasar Indonesia adalah:

  • Emas Antam atau Emas LM (Logam Mulia).

Emas ini memiliki setifikasi resmi dari PT Aneka Tambang. Harga emas batangan keluaran PT Antam lebih mahal dari emas batangan lainnya. Hal ini disebabkan PT Antam adalah BUMN sehingga produknya memiliki sertifikat resmi dari negara. Pada emas Antam terdapat cap LM pada batang emasnya. Emas Antam tersedia dalam berbagai ukuran mulai 1 gram hingga kilogram

  • Emas London

Emas london adalah emas batangan produksi luar negeri yang diimpor ke Indonesia. Umumnya pecahan emas london adalah satu kilogram. Satuan yang digunakan untuk emas london bukan gram melainkan mayam. 1 mayam sama dengan 3,37 gram. Emas london banyak diminati di Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh.

  • Emas Lokal

Merupakan emas batangan yang tidak terdapat cap perusahaan maupun sertifikat  (tidak resmi). Biasanya emas ini berbentuk lonjong dan sedikit penyok. Emas lokal juga tersedia dengan beragam ukuran. Mulai dari gram hingga kilogram.

Selain tiga jenis tersebut di atas, terdapat satu perusahaan emas swasta di Indonesia yang juga mengeluarkan produk emas batangan dan perhiasan yaitu UBS. Meskipun demikian, harga emas antam tetap menjadi yang tertinggi. Logam mulai produksi PT Antam sudah sangat dipercaya oleh masyarakat. Status PT Antam sebagai BUMN membuat emas produksi PT Antam sebagai produk yang disertifikasi secara resmi oleh negara, sehingga kemurnian tidak perlu dipertanyakan lagi.

Harga jual dan harga beli emas antam memang mengikuti suku bunga yang ada. Namun pada produknya sendiri terdapat pula selisih harga jual dan harga beli. Setiap emas batangan yang diproduksi oleh PT Antam selalu disertai dengan tahun pembuatan emasnya. Oleh karena itu terdapat perbedaan harga jual dan harga beli emas Antam berdasarkan pada tahun produksinya. Harga emas Antam tentu bervariasi menurut beratnya. Produk emas yang dikeluarkan PT Antam antara lain 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100, 250, dan 1000 gr. Semakin kecil berat emas, semakin mahal harga belinya. Hal ini disebabkan mencetak emas kecil lebih sulit dibanding dengan emas yang lebih besar. Proses pembentukan dan pengukirannya lebih sulit sehingga menghabiskan biaya produksi lebih banyak. Pemasaran produk emas Antam sudah mencapai lingkup nasional sehingga mudah didapatkan di mana saja. Namun jika anda berminat untuk membeli emas batangan dari PT Antam tidak bisa langsung mendapatkan produknya. Anda harus memesan dulu minimal satu bulan sebelumnya. Perubahan harga emas Antam tidak terjadi secara realtime seperti di pasar pada umumnya, tetapi secara periodik. Misalnya harga emas berubah setiap satu jam sekali.

Harga emas antam menjadi harga tertinggi karena emas produksi PT Antam memiliki ciri-ciri khusus yang sulit dipalsukan. Salah satu ciri emas Antam adalah sebuah sertifikat yang berisi dimensi emas, berat emas, kadar kemurnian emas, serta nomor seri dari emas tersebut. Sertifikat ini didapat ketika membeli emas dan sudah disertakan dengan emas tersebut setelah proses produksi selesai.

Dengan penjelasan mengenai emas Antam di atas, anda kini tahu apa kelebihan emas antam dibanding emas yang lain dan mengapa harga emas Antam relatif lebih mahal. Karena emas antam tidak mengeluarkan produk berupa perhiasan, maka anda yang berminat membeli emas Antam pastilah betujuan untuk menginvestasikan emas anda. Memang investasi emas adalah jenis investasi yang masih diminati hingga saat ini. Logam mulia emas memiliki harga yang stabil dan cenderung untuk terus naik. Maka investasi emas dalam jangka panjang dinilai menjanjikan keuntungan yang berlipat.

Harga emas antam yang sangat tinggi tentu semakin meyakinkan anda untuk menginvestasikan harta anda dalam bentuk logam mulia emas. Namun sebelum berinvestasi emas ada baiknya anda memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi naik turunnya harga emas. Misalnya saat kondisi politik yang sedang tidak stabil seperti saat ini, harga emas cenderung fluktuatif, tidak menunjukkan grafik harga yang konsisten. Selain itu, pastikan juga anda membeli emas batangan yang bersertifikasi dan dijamin keasliannya. Sangat disarankan untuk anda membeli emas di distributor-distributor resmi untuk menghindari penipuan. Dengan demikian, keuntungan yang anda harapkan akan bisa anda dapatkan di masa mendatang. Selamat berinvestasi emas!